Selasa, 07 Februari 2012

Melihat Port yang Terbuka

Port pada komputer bisa diibaratkan gerbang, pintu, atau jendela (jalan masuk) ke dalam sistem komputer kita. Port ini akan digunakan oleh program sebagai jalur komunikasi / jalan keluar-masuk-nya komunikasi dari komputer kita ke komputer lain atau sebaliknya.
Nah, kita bisa melihat port-port apa saja yang sedang terbuka di sistem kita dan melihat apa saja program yang menggunakan port tersebut, dengan mengetahui port-port apa saja yang terbuka di sistem kita, kita bisa melakukan analisa dan melakukan pengamanan lebih terhadap port-port tersebut. Cara melihatnya sangat mudah, cukup dengan memasukkan command berikut:
$ sudo netstat -aplentu
Hasilnya kurang lebih adalah seperti berikut:
Port-port dan service yang menggunakannya..
Di komputer saya, terlihat ada port-port berikut ini (yang saya kenali):
port 631, digunakan oleh service printer sharing (CMIIW).
port 3306, digunakan oleh service mysqld
port 80, digunakan oleh service httpd (webserver)
port 21, digunakan oleh service ftp, proftpd
port 445 dan 139, digunakan oleh service samba sharing, smbd
dan ada satu lagi port 34271, digunakan oleh program rhythmbox, port ini terbuka karena saya memang sedang mendengarkan musik dengan rhythmbox saya. Mungkin port ini digunakan untuk keperluan DAAP Sharing rhythmbox.
Fitur DAAP Sharing ini memungkinkan kita berbagi musik di komputer kita dengan orang lain di dalam jaringan kita, yang tentunya juga sedang membuka rhythmbox. Kapan-kapan akan asaya buatkan artikelnya.
Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar