Jumat, 02 Juli 2010

Bongkar, Bersihkan Dan Pasang Pembuangan pada Canon PIXMA IP 1200, 1300, 1700 etc.

Bismillah,

Anda pengguna Canon Pixma IP serial? Jika ia saya ucapkan selamat karena printer yg satu ini terkenal buandel walaupun catridge warnanya mudah rusak.

To the point aja :up: kali ini saya akan kasih tutorial membersihkan pixma ip 1200, 1300, 1700 etc dan sekalian memasang saluran pembuangan sendiri. Berikut ini langkah-langkahnya:


1. Siapkan peralatan yg diperlukan. Selain obeng untuk bongkar printer anda membutuhkan cairan pembersih serba guna dan segelas susu agar anda semangat dan fokus dalam bekerja.



2. Untuk bongkar printer saya rasa anda bisa sendiri tanpa harus saya detil langkah-langkahnya, buka saja kap printer kemudian di ujung kanan dan kiri anda akan melihat baut, buka bautnya kemudian bongkar dg cara dicongkel.

3. Jika sudah terbuka kita mulai masuk ke tahap bembersihan, tapi sebelumnya balikan dulu printer, jika anda melihat dibawah tempat pembuangan tinta ada semacam mika bening merekat menutupi lubang, copot mika tersebut karena lubang tersebut akan menjadi saluran mengalirkan air ketika proses pembersihan nanti.

4. Berikutnya adalah melubangi bak pembuangan asli printer. Printer canon IP serial membuang tinta proses printin kedalam sebuah bak kecil yang diisi dg busa untuk menampung sisa tinta. Anda tahu? Bahwa 40% tinta dibuang ketika proses printing. Bayangkan jika tinta tersebut menumpuk disana dg waktu yg lama :faint:


geser pandangan anda sedikit ke kanan dari mika perekat yg tadi maka anda mendapatkan sebuah guratan melingkar, diatas guratan trsbt ada selang saluran pembuangan. Lubangi guratan tersebut karena air proses pembersihan akan lewat juga dari situ dan selang pembuangan akan keluarkan dari bak untuk kemudian di modif.

5. Setelah selesai dari langkah 3 dan 4 barulah anda melakukan pembersihan. Miringkan printer 45 derajat dengan posisi bak pembuangan dibawah.

6. Sirami sisa tinta dengan air banyak-banyak tapi secara perlahan dan pastikan air tidak mengalir ke tempat yg bukan mestinya, pada tahap ini gunakan juga cairan pembersih jika diperlukan.

7. Tinta di bak pembuangan tidak akan bersih 100% jika printer sudah lama anda gunakan, jadi dikira-kira saja, jangan menunggu sampai bersih sekali baru kemudian keringkan dengan bantuan blower atau panas matahari.

8. Setelah kering baru anda mulai proses modifikasi saluran pembuangan. Cari selang pembuangan pada bak pembuangan, biasanya berada dibawah bak sirkulasi. Jika sudah ketemu, keluarkan selang tersebut lewat lubang yg anda buat tadi.


9. Jika sudah berhasil dikeluarkan maka sudah berhasil membuat modifikasi pembuangan dan selanjutnya adalah menyambung selang agar lebih panjang dan menjadikan sebuah botol sebagai tempat pembuangan akhir tinta.

10. Gunakan cairan pembersih untuk membersihkan tinta yang melekat di printer.

NB: jika mainboard printer terkena air atau tinta, sebaiknya lepaskan dan bersihkan dengan menyiramkan atau menyemprotkan air lalu kemudian keringkan sampai benar-benar kering baru pasang kembali.

0 komentar:

Poskan Komentar