Minggu, 08 Mei 2011

Troubleshooting Pada Komputer

Troubleshooting adalah segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer.

Contoh troubleshooting & penanganannya
1.Komputer mati ( tidak menyala)
Pada waktu menghidupkan komputer dan tombol power sudah ditekan tetapi komputer tidak hidup dan indikator led power pada CPU tidak menyala.

Hal ini bisa disebabkan oleh:
1. Kabel power tidak terpasang dengan benar
2. Kabel power CPU rusak
3. Power supply rusak
4. Kerusakan di stabilizer atau UPS

Penanganannya:

1.Cek kembali semua koneksi kabel, apakah sudah terpasang dengan benar.
2.Cek apakah kabel yang digunakan ada yang rusak atau tidak, jika ada yang rusak ganti dong.
3.Jika menggunakan stabilizer atau UPS periksa kembali apakah alat ini masih berfungsi dengan baik.
4.Jika penanganan diatas tidak berhasil, mungkin ada kerusakan pada Motherboard.


1. komputer sering hang
Komputer dapat menyala dengan normal, tetapi pada waktu digunakan sering terjadi hang ( mouse dan keyboard tidak bisa digerakkan).

Penanganannya:
Untuk system operasi Windows XP
1.jika yang hang adalah aplikasi yang sedang dijalankan. Coba tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan pada keyboard.maka akan muncul windows task manager.aplikasi yang menyebabkan hang ditandai dengan status not responding,sedangkan aplikasi yang berjalan ditandai dengan status Running. Klik aplikasi yang not responding kemudian tekan tombol perintah end task.

2.Jika proses itu memakan waktu lama dan komputer masih hang, restart komputer melalui tombol restart yang ada pada casing CPU.

3.Jika kinerja komputer terlihat lambat, maka kemungkinan RAM (memory) yang digunakan tidak mencukupi disarankan untuk meng-upgrade-nya
Untuk system operasi Linux
System Freeze
Ketika 'freeze', komputer Anda tidak mau merespon terhadap perintah-perintah dan input device seperti keyboard dan mouse tidak bekerja. Ini merupakan hal terburuk dan kemungkinannya adalah masalah serius pada konfigurasi sistem, software atau hardware Anda.
Ketika terjadi freeze, prioritas utama Anda adalah mencoba untuk men-shutdown sistem secara aman (normal). Coba langkah-langkah berikut secara berurutan (anggap Anda berada di X):
Coba kill X server dengan menekan ALT-CTRL-BACKSPACE bersamaan


2. Layar monitor gelap ( gambar tidak keluar)
Pada waktu menghidupkan komputer lampu di CPU sudah menyala tetapi monitor tidak mengeluarkan gambar apa-apa, dan lampu pada monitor selalu berkedip-kedip.

Hal ini bisa disebabkan oleh :
1. Kabel VGA dari monitor tidak terpasang dengan benar pada port di CPU.
2. VGA card rusak
3. Monitor rusak

Penanganannya :
1.Periksa apakah kabel VGA dari monitor sudah terpasang dengan benar atau belum. Sebaiknya dicopot kemudian dipasang kembali untuk memastikannya.

2.Jika setelah dipasang kembali tetapi gambar tetap tidak keluar . maka kemungkinannya ialah VGA card pada CPU rusak. Hal ini bisa disebabkan oleh debu yang menempel pada slot VGA. Untuk menanganinya sebaiknya copot dan bersihkan VGA card dan slotnya.

3.Sebuah CPU umumnya memiliki sebuah VGA internal( bawaan ) , dan satu buah VGA eksternal( tambahan) . jika demikian coba untuk memasang kabel VGA ke port yang berbeda.

0 komentar:

Poskan Komentar